Syarat Dan Cara Mengurus Buku Tabungan Mandiri yang Hilang

Apakah anda pernah mengalami buku tabungan hilang? Kalau ada barang anda yang hilang seperti buku tabungan, ATM, KTP dan lain sebagainya barang berharga maka cepat mengurusnya. Supaya tidak disalah gunakan orang lain yang mungkin menemukan buku tabungan anda. Meskipun tetap tidak bisa tarik tunai atau print buku kalau tidak menggunakan KTP Asli. Pembahasan kali ini tentang syarat dan cara mengurus buku tabungan mandiri yang hilang.

Meskipun sekarang buku tabungan jarang digunakan untuk transaksi, tapi pastikan semua aman dan tersedia jika anda butuhkan untuk print rekening Koran anda. Dimana buku tersebut memiliki peran urusan administrasi sebagai pelaporan pajak, pengajuan pinjaman, pengajuan kredit dan rekonsiliasi rekening.

Baca Juga : Cara Menghabiskan Saldo ATM Mandiri

Syarat Dan Cara Mengurus Buku Tabungan Mandiri yang Hilang

Adapun persyaratan jika anda menghilangkan buku tabungan Mandiri ataupun bank lain. Datang langsung ke kantor cabang, sebelum itu anda harus melaporkan lebih dulu surat kehilangan di polres dimana tempat kejadian anda kehilangan buku tabungan tersebut.

  • Datang ke kantor polisi untuk membuat suarat kehilangan
  • Siapkan KTP atau SIM Asli
  • Kartu ATM
  • Cara Mengurus Buku Tabungan Mandiri yang Hilang

Beberapa cara untuk bisa memecahkan masalah anda dalam kehilangan buku tabungan tersebut. Pastikan dari langkah ini dapat dilakukan secara bertahap atau pilih yang paling mudah untuk anda.

Hubungi Call Center Bank Mandiri

Bila anda ingin respon cepat dan pada waktu dan hari itu juga maka hubungi call center Bank Mandiri lebih dulu untuk mengamankan data pada rekening anda. Anda bisa melakukan pemblokiran lebih dulu terhadap buku tabungan supaya tidak disalah gunakan orang yang tida bertanggung jawab.

Lapor Ke Pihak Kepolisian Saat Kejadian

Jika anda melakukan pembaruan tentang buku rekening, maka membuat surat kehilangan terlebih dahulu untuk pihak bank benar-benar ada surat kehilangan. Pastikan anda datang ke kantor polisi pada saat anda menghilangkan buku tabungan tersebut.

Baca Juga : Cara Pindah BPJS Perusahaan ke Mandiri Secara Online 2021

Langsung Datang Ke Kantor Cabang Mandiri

Usai anda memiliki surat kehilangan dari pihak kepolisian, maka anda bisa langsung datang ke kantor cabang Mandiri terdekat dan langsung ke CS. Sebaiknya anda mendatangi kantor cabang dimana anda pernah membuka buku tabungan tersebut.

Setelah itu anda akan dimintai beberapa persyaratan yang sudah disebutkan diatas yaitu surat kehilangan, KTP asli, Kartu ATM dan Nomor Telpon. Kemudian anda akan mengisi formulir dan tanda tangan diatas materai 10.000 yang terbaru.

Biaya Ganti Buku Tabungan Yang Hilang

Selain itu maka anda harus menyiapkan uang untuk biaya pergantian buku yang hilang tadi. Kalau Bank Mandiri kurang lebih Rp 15.000. Pastikan tetap membawa uang lebih untuk mengurus pergantian buku ini.

Tinggalkan komentar