Cara Meningkatkan Omset di TikTok Shop

Tiktok merupakan aplikasi media sosial yang sangat populer untuk sebarkan video dan informasi terbaru. Saat ini ranah bisnis juga banyak yang memboyong produknya ke TikTok Shop. Apalagi TikTok Shop memang sangat sering digunakan untuk belanja maupun berjualan bagi pebisnis. Namun, banyak orang yang tidak tahu cara meningkatkan omset di TikTok Shop.

Oleh karena itu dalam pembahasan ini akan menerangkan cara meningkatkan omset di TikTok Shop. Sekarang sudah banyak yang menggunakan TikTok dibandingkan Instagram. Kalangan artis, chanel berita, tokoh dan masih banyak lagi yang centang biru. Bagi anda seorang pebisnis atau pemula, ikuti trend dalam TikTok dan pastikan konten menarik untuk dilihat sampai selesai.

Baca Juga : Cara Bayar TikTok Shop di Indomaret

Cara Meningkatkan Omset di TikTok Shop

Mengenali Kinerja TikTok

Dalam strategi ini bisa meningkatkan penjualan di TikTok Shop maupun langsung menghubungi anda. Durasi TikTok juga bisa di atus 15 detik, 60 detik atau 3 menit serta MV. Lakukan promosi tidak langsung dengan latar belakang music viral dan juga tambahan efek.

Deskripsi dan Konten Yang Menarik

Adapun tips selanjutnya yaitu membuat konten dan juga caption yang menarik. Memiliki durasi singkat, maka buatlah konten yang mengandung nilai dari bisnis anda jalani. Tidak hanya unggah video iklan saja, namun juga bisa di isi dengan konten kegunaan produk ataupun tutorial produk yang sedang anda jual. Caption singkat dan jelas akan memberikan nilai plus.

Hashtag Challenge dan Hashtag Tentang Video

Pastikan juga anda menggunakan hashtag trend ataupun challege untuk tingkatkan penjualan binsis di TikTok. Tidak lupa juga hashtag di setiap video yang anda upload, supaya kalau hashtag di klik terdapat bisnis yang sedang anda jalani tersebut masuk dalam hashtag tersebut.

Kerjasama dengan Pengguna Berpengaruh atau Banyak Follower

Semisal anda  baru memulai bisnis maka anda bisa lakukan sendiri untuk promosi dan follow teman-teman anda. Namun jika modal bisnis anda sudah bisa membayar endorse ke pengguna TikTok yang sangat berpengaruh maka juga bisa melakukan kerjasama dengan mereka.

Sering kali di tikTok Shop untuk mendapatkan produk gratis atau sample atau contoh produk di kirim secara gratis, namun yang di setujui hanya orang yang memiliki follower lebih dari 1000. Sedangkan dibawah itu pasti akan di tolak, karena di anggap tidak pengaruhi penjualan. Sebagai penjual memang harus pilih-pilih kreator yang berbakat dan memang sudah membuktikan bahwa dia sangat berpengaruh terhadap penjualan kalau diajak kerjasama.

Penjual Harus Interaksi

Dalam meningkatkan omset penjualan di TikTok Shop maka anda juga butuh internaksi dengan pengguna TikTok laainnya. Semisal konten anda di komentari maka anda bisa membalas komen tersebut dengan tulisan atau video jadi lebih jelas untuk menjelaskan komenan tersebut. Anda juga bisa berkomentar di video TikTok kreator lainnya, asalkan komentar jangan spam.

TikTok Ads dan Data Analystics

Ternyata TikTok Shop juga sediakan TikTok Ads atau pengiklanan dikhususkan untuk anda sebagai pebisnis. Tidak hanya itu saja TikTok sediakan empat jenis iklan yang bisa anda pilih.

  1. Infeed Ads yaitu pengiklanan yang muncul saat pengguna lakukan scroll feed
  2. Promotes Hashtag Challenge dengan pengiklanan yang ajak pengguna untuk gunakan hashtag challege juga.
  3. Branded Effect/Filter dimana efek khusus ataupun filter yang berisi informasi produk yang sedang anda jual.
  4. Brand Takeover yang berikan iklan eksklusif berisi image, gif ataupun video yang muncul sekali sehari saat anda membuka aplikasi.

Penggunaan TikTok Ads ini telah mendapatkan data dari track record iklan. Maka lakukan analisis pada data digunakan untuk mengetahui perkembangan promosi yang anda lakukan di TikTok Ads.

Baca Juga : Cara Retur Barang/Dana di TikTok Shop

Konsisten Dalam Membuat Konten

Dari beberapa tips diatas maka yang berpengaruh memang tips satu ini yaitu konsisten dalam membuat konten. Anda harus memiliki konsistensi untuk meningkatkan penjualan online di TikTok Shop maupun secara offline.

Rajin-rajin membuat konten dan terjadwal, selain itu lakukan live pada jam yang sudah anda tentukan. Supaya penonton juga konsistem melihat live anda. Pastikan anda juga memiliki kreatifitas atau ciri khas tersendiri untuk menarik perhatian penonton yang selalu ingin melihat live anda.

Demikian ulasan tentang cara meningkatkan omset di TikTok Shop, setiap bisnis pasti memiliki pasang surut keadaan. Tetapi semua itu juga harus di dasari dengan usaha dan doa. Terima kasih

Tinggalkan komentar