Asuransi Pendidikan VS Tabungan Pendidikan, Mana Pilihan Anda?

Asuransi Pendidikan VS Tabungan Pendidikan

Pendidikan memang sangat penting untuk kehidupan masa depan nanti, karena mencari ilmu tidak ada batasnya. Namun, paling penting bisa menempuh minimal SMA dan kalau bisa sampai ke jenjang perguruan tinggi supaya mencari pekerjaan lebih mudah dan juga bisa untuk bekal dalam membangun bisnis.

Sering kali orang tua telah menyediakan asuransi pendidikan dan juga ada yang sediakan tabungan pendidikan. Hal ini memang sering kali menjadi para orang tua bimbang untuk memilih. OK, mulai saat ini tidak perlu bimbang lagi karena akan ada pembahasan tentang perbedaan asuransi pendidikan vs tabungan pendidikan.

Inilah Perbedaan Asuransi Pendidikan Vs Tabungan Pendidikan

Asuransi Pendidikan bukan termasuk produk bank dan tak ada jaminan dari LPS (lembaga Penjamin Simpanan). Oleh karena itu kalau Asuransi produk dari perusahaan yang telah menawarkan produknya melalui bank dan memiliki pesan agen penjual unit link. Asuransi ini memiliki prinsip bahwa tabungan merupakan tempat ideal untuk jaga modal yang kita punya.
Tabungan pendidikan yang sering dikenalkan sebagai tabungan rencana dan juga termasuk tabungan berjangka. Produk ini khusus yang sudah dikeluarkan oleh pihak bank, maka tabungan pendidikan ini sudah dijamin oleh LPS dan jika bank mengalami kebangkrutan maka uang yang disimpan tersebut tetap aman. Pada tabungan ini maka memiliki jangka waktu lebih dari 2 tahun, karena disesuaikan dengan pendidikan anak anda.

Mana yang Lebih Unggul?

Asuransi Pendidikan

  • Tabungan yang memiliki jangka panjang, pada umumnya asuransi pendidikan memiliki kisaran waktu menabung 10 tahun.
  • Memiliki produk lebih dari satu macam dan memiliki manfaat pelindung. Jika tak hanya dapatkan asuransi jiwa saja tapi juga asuransi kesehatan, apalbila ada risiko sakit dan harus dirawat inap di rumah sakit maka semua biaya akan ditanggung perusahaan asuransi tersebut.
  • Uang tersebut dialokasikan sebagian untuk investasi maka bunga yang telah diberikan lebih besar sekitar 15% sampai 23% per tahun.

Baca Juga : Cara memperbaiki BCA Mobile yang rusak tidak bisa dibuka<

Tabungan Pendidikan

  • Bila anda memilih untuk menabung di bank maka sangat cocok untuk penggunaan jangka pendek dengan waktu 2 tahun sampai 5 tahun saja.
  • Produk merupakan tabungan maka tidak mendapatkan bunga yang besar namun ada biaya administasi setiap bulannya.
  • Meskipun produk tabungan pendidikan, tetapi masih menyediakan asuransi jika ada ketidak inginan nasabah seperti meninggal. Dalam produk ini terdapat asuransi jiwa saja dan tidak ada asuransi kesehatan. Bila hal tersebut terjadi pada nasabah maka ada nominal dan ahli waris yang sudah dicantumkan pada saat kontrak untuk menerima dana tersebut.
  • Ketahuilah bahwa bungan tabungan pendidikan hanya sekitar 3% sampai 6% saja.

Demikian ulasan tentang asuransi pendidikan vs tabungan pendidikan, jadi mana yang harus anda miliki. Semua ini tergantung keinginan dan kemampuan anda dalam menambung. Semoga informasi ini bisa membantu anda untuk mengenal lebih dalam tentang Asuransi dan Tabungan menggunakan bank. Terima kasih

Tinggalkan komentar