Cara Bayar Pajak Motor Lewat Indomaret

Bayar pajak motor lewat indomaret merupakan salah satu cara yang paling mudah. Dimana sekarang ini anda bisa membayar pajak online salah satunya melalui Indomaret ini.

Sepertihalnya pemerintah telah kerjasama dengan Samsat. Hal ini untuk memberikan inovasi terbaru di Indonesia dalam masalah pembayaran pajak motor.

Sebelumnya untuk pembayaran pajak motor harus antri di Samsat. Namun saat ini cukup mudah dengan melakukan pembayaran pajak motor lewat Indomaret atau secara online.

Ternyata cara bayar pajak motor lewat indomaret dan juga bisa melalui media lain seperti internet banking, Bukalapak, Tokopedia, Alfamart dan lain sebagainya.

Perlu diperhatikan kalau anda melakukan pembayaran via Indomaret maka tidak perlu khawatir akan besar nominalnya.

Baca Juga : Cara Top Up DANA di Indomaret

Tersedianya layanan e-SAMSAT menggunakan Payment Point Online Bank yang terdapat di Indomaret sangat mudah dalam pembayarannya. Lantas bagaimana cara bayar pajak motor lewat Indomaret?

Begini Cara Bayar Pajak Motor Lewat Indomaret

  • Anda sebagai pemilik motor datang ke Indomaret dan bawa STNK asli dan akan dibayarkan pajaknya serta KTP pemilik aslinya.
  • Bila anda sudah di Indomaret maka bisa langsung ke kasir dan nanti akan ditanya KTP asli, nomor polisi kendaraan, nomor mesin kendaraan serta nomor HP wajib pajak.
  • Setelah itu, bila data sudah lengkap maka akan muncul nominal yang harus anda bayarkan.
  • Kemudian anda akan terima struk bukti bayar dan SMS bitly yang berisi ERI atau Elektronik Registration and Identification.
  • Bila anda klik SMS bitly tadi maka akan muncul gambar bukti pelunasan kewajiban pembayaran yang dilengklapi dengan barcode untuk bukti pelunasan pajak kendaan anda serta bukti pengesahan STNK yang bisa disimpan dan dicetak.
  • Pastikan anda menyimpan bukti lunas untuk pengesahan STNK kendaraan anda yang berlaku.
  • Bila sudah selesai di Indomaret, maka bisa langsung melakukan pengesahan STNK. Caranya cukup mudah datang langsung ke Polsek atau Polres terdekat dan bawa bukti  pembayaran tadi.
  • Barcode yang sudah anda dapatkan adalah bukti pelunasan pajak kendaraana dan pengesahan STNK yang sangat valid dan sah. Pihak petugas akan merazia bisa verfisikasi pengesahan menggunakan scan barcode.
  • Kalau sudah maka anda tidak perlu balik ke SAMSAT untuk cetak Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran. Karena usai melakukan pembayaran secara online ini akan dapat e-TBPKP yang perlu anda simpan di smartphone dan dicetak sendiri, hal ini sah di kepolisian.

Baca Juga : Cara Mengisi Saldo ShopeePay di Indomaret Gratis

Bila anda tidak ingin antri panjang di SAMSAT maka bisa melakukan cara bayar pajak motor lewat Indomaret. Hal ini lebih praktis dan membantu untuk anda yang tidak sempat melakukan pembayaran via offline.